KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Memberikan Pelayanan Kesehatan Catin, KUA Benua Kayong dan Puskesmas Tuan-Tuan Adakan Kerjasama

Kepala KUA Benua Kayong M. Syafi'ie Huddin dan Kepala Puskesmas dr. Edwin Dermody Sirait menyerahkan berkas perjanjian, Jum'at (27/01/2023)


KUA Benua Kayong - Kantor Urusan Agama Kecamatan Benua Kayong adakan Kerjasama dalam pelayanan kesehatan calon pengantin dengan Puskesmas Tuan-Tuan. 

Perjanjian kerjasama itu ditandatangani Kepala KUA Benua Kayong M. Syafi'ie Huddin dan Kepala Puskesmas dr. Edwin Dermody Sirait hari Jum'at (27/01/2023) di KUA Benua Kayong.

Kedatangan Kepala Puskesmas ke KUA Benua Kayong didampingi empat orang pegawai Puskesmas, mereka adalah para dokter dan bidan yang akan membidangi peyalanan kesehatan dimaksud.

dr. Edwin menjelaskan maksud dan tujuan kerjasama pelayanan kesehatan Catin ini adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan pada calon pengantin.


Kemudian pihaknya juga akan memberikan bekal bagi calon pengantin untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman tentang kesehatan reproduksi.

"Pelayanan kesehatan yang akan diberikan ini terkait pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium, screening kesehatan jiwa, konseling, imunisasi TT, terapi dan surat keterangan sehat bagi catin," jelas Edwin 

Kepala KUA Benua Kayong menyambut baik dan merespon positif atas kerjasama ini. Selama ini menurutnya pihaknya belum pernah melibatkan tenaga kesehatan dalam bentuk kerjasama memberikan pembinaan catin di KUA.

"Memang selama ini pembinaan catin di KUA lebih di arahkan kepada aspek non kesehatan, sehingga memang dirasa kurang pengetahuan catin akan masalah kesehatan keluarga sebagai calon ibu," katanya.

"Ke depan kita berharap dengan perjanjian ini akan menjadi lengkap pengetahuan catin dalam persiapan mereka untuk berumah tangga," Pungkas Syafi'ie, yang baru menjabat sejak 1 Agustus 2022 di KUA Benua Kayong. (*)

Lebih baru Lebih lama