KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Launching KMB, Syarifendi: Moderasi Beragama Kunci Penting Ciptakan Rukun dan Damai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd..

KUA Benua Kayong - Moderasi Beragama adalah Konsep yang menekankan pada sikap saling menghormati dan toleransi diantara kelompok agama yang berbeda. Konsep ini mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya masing-masing, tanpa adanya tekanan atau intimidasi dari pihak lain.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. dalam sambutannya pada Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang, Senin (7/8/2023).

Lebih lanjut Syarifendi mengatakan, Moderasi Beragama sangat diperlukan sebagai solusi agar dapat menjadi kunci penting untuk menciptakan keagamaan yang rukun, harmoni, damai serta berkeseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun kehidupan beragama

Kondisi Kabupaten Ketapang menurut pria ini, secara geografis berada di bagian selatan Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan kabupaten terluas di Kalimantan Barat. Luas wilayah secara keseluruhan mencapai 31.588 km². Memiliki 20 kecamatan, 9 kelurahan, dan 253 desa.

Di Kabupaten Ketapang lanjut Syarifendi, masyarakatnya yang Heterogen, terdiri dari berbagai Suku dan Agama, hal ini terlihat dari berbagai adat istiadat yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat. Serta berbagai tempat ibadah yang berdiri dan berkembang dalam kehidupan beragama di masyarakat Ketapang.

"Dalam kehidupan beragama, masyarakat Kabupaten Ketapang sangat kondusif, masyarakat daerah ini menjunjung tinggi kebersamaan, keharmonisan, hal ini terlihat kurangnya gesekan-gesekan yang berbau agama, bahkan tidak terdengar perselisihan maupun pertengkaran yang berbau syara atau agama," terangnya.

Dikatakan lebih lanjut, Launching KMB Kabupaten Ketapang Tahun 2023, Kantor Kemenag Ketapang telah menetapkan Desa Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dan Desa Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU).

"Kedua desa diatas adalah desa yang memiliki kehidupan beragama yang harmonis, baik dari segi penyelenggaraan peribadatan, hubungan bermasyarakat maupun hubungan masyarakat dan Pemerintah daerah Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Launching KMB secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I. Turut serta mendampingi Kepala Kemenag Ketapang, Kabid Penais Zawa H.Rohadi, S.Ag.,M.Si. Ketua FKUB Ketapang, Kesbangpol, Camat MHU dan MHS.

Hadir juga pada Launching KMB Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah H. Kamaluddin, M.Pd., kepala desa wilayah KMB, kepala KUA, seluruh anggota FKUB Kabupaten Ketapang, para Penyuluh Agama Kemenag Ketapang, kepala madrasah dan dewan guru, serta undangan lainnya. (*).

Lebih baru Lebih lama