KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Krisis Kader MTQ, Kakankemenag Ketapang Dorong Harus Sering Adakan Perlombaan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. memberikan sambutan pada acara pembukaan Rakor LPTQ Kabupaten Ketapang, Jum'at (12/5/2023) malam.


KUA Benua Kayong - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. mengatakan persoalan kaderisasi harus menjadi perhatian serius bagi pengurus LPTQ. Sebab menurutnya saat ini LPTQ Ketapang mengalami krisis kader peserta MTQ.

Hal itu dikatakan Syarifendi saat memberikan kata sambutan pada acara pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Ketapang, Jum'at (12/5/2023) malam.

"Kita krisis kader, kader-kader kita lesu, yang sering diutus setiap MTQ orang-orang itu saja. Kedepan perlunya penguatan kaderisasi, antara lain dengan seringnya kita diadakan perlombaan, mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan LPTQ harus kuasai dan memperkuat salah satu cabang, sebagai keunggulan yang harus dimiliki Ketapang. Ia mencontohkan, misalnya ada salah satu kota/kabupaten lain unggul bidang tilawah atau Khattil Qur'an, tentu tanpa mengabaikan cabang-cabang lainnya.

"Ketapang harus ada yang dikuasai sebagai ciri khas keunggulan daerah ini. Pondok pesantren harus ikut berperan dengan melakukan kaderisasi. Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an juga ada disini, tinggal bagaimana pembinaannya ke depan," katanya.

Syarifendi juga menyarankan agar pencarian kader mulai dari tingkat kecamatan. Pembinaan juga harus mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA. "Hadirkan guru-guru ke pondok pesantren dan kesekolah-sekolah," katanya.

Rakor dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si. Kegiatan berlangsung dari tanggal 12 - 13 Mei 2023, bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Ketapang. 

Hadir diacara pembukaan Ketua MUI Kabupaten Ketapang, jajaran kepengurusan LPTQ kabupaten, pengurus LPTQ dari 19 kecamatan, seluruh kepala KUA dan perwakilan kecamatan dari lembaga pendidikan masing-masing satu orang. 

Pada acara Rakor, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang juga dijadwalkan menyampaikan materi Kebijaksanaan Kementerian Agama dan LPTQ Bersinergi memasyarakatkan Al-Qur’an. (*).

Lebih baru Lebih lama