KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Menentukan Arah Kiblat Masjid Al-Muttaqin Kauman

Foto : Drs. Nasbun, M.Pd.I. Kasi Bimas, Kusnadi Pengurus Masjid Al-Muttaqin dan H. M. Syafi'ie Huddin Kepala KUA Benua Kayong 

KUA Benua Kayong - Tim pengukur penentu arah kiblat Kementerian Agama Kabupaten Ketapang kembali adakan pengukuran arah kiblat di Masjid Al-Muttaqin, beralamat di Jalan WR. Monginsidi, Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong Ketapang, Rabu (5/7/2023).

Tenaga teknis pengukur arah kiblat H. M. Syafi'ie Huddin menjelaskan, pengukuran arah kiblat itu dilaksanakan atas permohonan pengurus masjid sehubungan akan diadakannya pemugaran masjid Al-Muttaqin dengan pendirian bangunan baru.

"Lokasi masjid tetap di lokasi yang sama, tidak berubah. Jadi, kami adakan pengukuran untuk memastikan saja arah kiblat yang akan dibangun baru ini. Dikhawatirkan pengurus masjid, bangunan yang sekarang kurang tepat arahnya" jelasnya.

Dikatakan Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong ini, memang kalau dibandingkan arah kiblatnya dengan bangunan yang sekarang ada selisihnya. Hanya saja menurutnya, selisih derajatnya tidak terlalu jauh.

"Alat yang kami gunakan adalah menggunakan Theodolit, kompas Suunto. Sebelumnya kami tentukan dulu titik koordinat dengan menggunakan GPS, kemudian kami hitung untuk menentukan arah dari titik Barat ke Utara," jelas Syafi'ie.

Hadir turut serta pada pengukuran penentuan arah kiblat itu, adalah Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. Nasbun, M.Pd.I., bersama pelaksana Bimas H. Arifinsyah, S.Sos.I. dan Sukadadi di dampingi pengurus masjid. Pengukuran dimulai pukul 14.30 hingga 15.00 wib. (*).

Lebih baru Lebih lama