KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Kemenag Ketapang Gelar Apel Hari Santri di MAN 1 Ketapang

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. sebagai inspektur Apel Hari Santri tahun 2023

KUA Benua Kayong - Memperingati Hari Santri 22 Oktober 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang menyelenggarakan Apel Hari Santri. Kegiatan dilaksanakan di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ketapang, Minggu (22/10/2023).

Apel yang baru pertama kalinya dilaksanakan oleh Kemenag Ketapang ini dihadiri Kepala Kantor Kemenag Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd.I., sekaligus ia bertindak sebagai inspektur Apel. Hadir para kasi dan staf dilingkungan Kemenag Ketapang, kepala KUA, kepala madrasah di semua tingkatan bersama dewan guru dan perwakilan siswa ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah. 

Tema peringatan Hari Santri tahun 2023 bertajuk "Jihad Santri Jayakan Negeri". Secara kontekstual, tema ini menegaskan bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri. 


Mengutip di laman Kemenag RI, Gus Men mengatakan, makna jihad secara kontekstual tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata. Tetapi jihad santri saat ini adalah jihad intelektual, di mana para santri adalah para pejuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan. Santri juga turut berjuang dan mengambil peran di era transformasi digital.

“Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya. Mereka juga ikut mengisi ruang-ruang digital untuk penguatan literasi keagamaan yang moderat berdasarkan prinsip Islam rahmatan lil alamin,” tandasnya. (*)

Lebih baru Lebih lama