KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Bicara di Rapat Koordinasi Kecamatan, Syafi'ie Sampaikan Lima Poin

Foto: Camat Benua Kayong Drs. Sudarto; M. Syafi'ie Huddin; dan Kepala Puskesmas Tuan-Tuan dr. Edwin Dermody Sirait


KUA Benua Kayong - Mengikuti Rapat Koordinasi yang diadakan pihak Kecamatan Benua Kayong, Senin (29/5/2023), di Aula Kantor Camat, Kepala KUA Kecaman Benua Kayong diberikan kesempatan oleh Camat Drs. Sudarto untuk berbicara pada forum tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong H. M. Syafi'ie Huddin, S.Ag. menyampaikan lima poin terkait bidang tugas dan fungsi KUA yang berhubungan langsung dengan pihak desa/lurah dan stakeholder lainnya sebagai mitra kerja KUA.

"Beberapa poin penting yang akan saya sampaikan ini, selain memang untuk diketahui bersama bagi pihak terkait, juga menjadi laporan KUA Benua Kayong kepada Pak Camat Benua Kayong," kata Syafi'ie.

Pertama adalah penetapan tipologi masjid, baik tingkat kecamatan sebagai masjid besar maupun masjid jami di tingkat desa/kelurahan. Mekanisme dan standar penetapan itu menurut Syafi'ie telah di atur dalam Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor : DJ.II/802 tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid.

"Jadi penetapan masjid Besar tingkat kecamatan yang mengeluarkan SK adalah Camat atas usul KUA. Sedangkan Masjid Jami di-SK-kan kades/lurah setempat berdasarkan rekomendasi KUA," jelasnya.

Kedua lanjut Syafi'ie, bahwa KUA Benua Kayong telah mengadakan MoU bersamaan Puskesmas Tuan-Tuan dalam memberikan bimbingan calon pengantin. Ketiga, KUA telah mengadakan Gerakan Catin Peduli dengan memberikan santunan beras kepada dhuafa dan fakir miskin.

Keempat, masalah pengamanan wakaf, Syafi'ie meminta bantuan kepada kades/lurah untuk untuk mendaftar aset tanah wakaf yang belum dibuatkan Akta Ikrar Wakaf. Selanjutnya untuk diurus pensertifikatan tanah wakaf ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Dan yang terakhir kelima adalah saya meminta kepada kepala desa dan lurah untuk mengadakan kegiatan pembinaan remaja dan usia sekolah. Hal ini tentu dalam upaya meminimalisir kenakalan remaja dan tindakan negatif lainnya," jelasnya.

Rapat koordinasi dipimpin Camat Benua Kayong, dihadiri seluruh kepala desa dan lurah se Kecamatan Benua Kayong dan Kepala Puskesmas Tuan-Tuan. (*).

Lebih baru Lebih lama