KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Kabid Urais: KUA Harus Responsif Terhadap Pelayanan Kebutuhan Masyarakat

Foto kiri : Kasi Bina Kelembagaan dan Sarpras KUA Surkiya, S.Ag, Kabid Urais Kanwil Kemenag Kalbar H. Ekhsan, S.Ag., M.Si., Kasi Bimas Islam Kemenag Ketapang Drs. Nasbun, M.Pd.I., Plh. Kepala Kemenag Ketapang H. Mauluddin, S.Ag.

KUA Benua Kayong - Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat H. Ekhsan, S.Ag.,M.Si. meminta kepala seluruh kepala KUA kecamatan di Kabupaten Ketapang agar bisa memerankan Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk menggerakkan revitalisasi KUA. 

Hal itu ia sampaikan pada saat menyampaikan materi Arah Kebijakan Bimas Islam Berkaitan Teknis Revitalisasi KUA pada kegiatan Capacity Building Revitalisasi dalam Pemenuhan Sarana dan Prasarana KUA serta Penataan Organisasi dan Tata Kerja KUA, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang.

"Saya masih melihat adanya KUA yang tidak memperdayakan penyuluh. Padahal salah satu syarat KUA Revitalisasi yakni memberdayakan SDM. Revitalisasi adalah program prioritas Menang yang harus kita dukung dan sukseskan bersama," terang Ekhsan, yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Ketapang, Senin (31/7/2023).

Dikatakan lebih lanjut, peningkatan mutu layanan KUA harus didukung dengan SDM yang berkualitas, sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat yang dilayani. KUA harus menguasai IT dan bisa menyajikan informasi berbasis digitalisasi.

"Yang sudah menerima bantuan berupa  desplay agar difungsikan. KUA harus memberdayakan sarana prasarana maupun SDM nya. Jika kepala KUA tidak bisa mengoperasikan, maka dapat meminta bantu kepada yang menguasai," tegasnya.

Selanjutnya Kabid Urais mengatakan ada tiga kebijakan prioritas kemenag pada Ditjen bimas Islam. Pertama, Penguatan moderasi beragama; Kedua, Transformasi digital; dan Ketiga, Revitalisasi KUA.

Ketiga kebijakan prioritas tersebut diterangkannya menjadi fokus program dan kegiatan direktorat bina KUA dan KS dalam rangka membangun pelayanan keagamaan pada KUA yang prima, kredibel dan moderat.

"Oleh karena itu, KUA harus responsif terhadap pelayanan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Kepuasan masyarakat diutamakan," terangnya.

Acara kegiatan berlangsung satu hari ini dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang H. Mauluddin, S.Ag. Hadir seluruh kepala KUA, operator KUA dan penyuluh non PNS Kemenag Ketapang, dengan jumlah peserta 24 orang. (*).

Lebih baru Lebih lama