KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Bhayangkari Peduli, Laksanakan Nikah Massal di Polres Ketapang

Kapolres foto bersama Kepala KUA Benua Kayong, Kepala KUA Delta Pawan, Disdukcapil, Ketua Cabang Bhayangkari, dan pasangan pengantin, Senin (14/8/2023)

KUA Benua Kayong - Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Benua Kayong H. M. Syafi'ie Huddin, S.Ag. menghadiri kegiatan Nikah Massal, Isbat Nikah dan Pencatatan Perkawinan Dukcapil dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 tahun 2023 di Polres Ketapang, Senin (14/8/2203).

Kehadiran Syafi'ie yang juga sebagai Penghulu tidak hanya sebatas memenuhi undangan Kapolres Ketapang, akan tetapi ia juga sebagai petugas dalam memberikan layanan pencatatan nikah pada prosesi pelaksanaan akad nikah bagi pasangan calon pengantin.

Menurut Syafi'ie, pelaksanaan Nikah Massal dilaksanakan bersamaan dengan hadirnya Ketua Umum Bhayangkari ke Pontianak. Istri Kapolri ini meninjau langsung penyelenggaraan kegiatan Bhayangkari Peduli ini di Pontianak.

Selain itu, ia juga mengadakan sambungan zoom meeting kepada 14 cabang kabupaten se Kalbar, antara lain tersambung ke Kabupaten Ketapang, yang diterima Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc. untuk melaporkan kegiatan yang sama di Kabupaten Ketapang.

"Kegiatan Bayangkari Peduli ini selain melibatkan KUA sebagai Penghulu yang diwakili Benua Kayong dan Delta Pawan, juga dihadiri dari Dinas Dukcapil Kabupaten Ketapang. Sementara peserta untuk isbat nikah tidak ada," terang Syafi'ie.

Dalam sambutannya Kapolres Ketapang mengatakan, Polres Ketapang maupun Bhayangkari Cabang Ketapang dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri, selain sebagai aparat hukum, penjaga utama ketertiban masyarakat, juga merupakan pintu pengayom dan pelayanan masyarakat. 

"Banyak kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka membangun komunikasi pendekatan dengan masyarakat yang kita laksanakan. Termasuk juga dari jajaran Bhayangkari," terang Tommy Ferdian.

Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan seperti Stunting, dimana dari Polres berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya keluarga yang anak-anaknya mengalami Stunting, kepada ibu hamil dan menyusui. Sosialisasi sekaligus berbagi bahan-bahan makanan bergizi.

Kemudian lanjut Tommy, melaksanakan Nikah Massal yang hari ini ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah sebanyak 61 pasangan yang mana terdata merupakan pasangan nikah baru. Berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Ketapang.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan ini dapat sedikit membantu sekaligus juga ikut saling mendoakan dengan jumlah pasangan yang hadir. Mudah-mudahan membawa keberkahan, karunia dan Rahmat dari Allah SWT. khususnya kepada pasangan suami istri yang hari ini berbahagia," harap Kapolres. (*).

Lebih baru Lebih lama