KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Wabup Ketapang Buka Kegiatan Silaturahmi HAB ke-78 Kemenag se Kalbar

Penekanan Tombol sirine oleh Wabup didampingi Kakanwil Kemenag Kalbar, Rektor IAIN, Kepala Kantor Kemenag Ketapang 

KUA Benua Kayong - Kegiatan Silaturahmi Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI se Kalimantan Barat di Kabupaten Ketapang resmi dibuka Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si. di halaman Kantor Bupati Ketapang, Sabtu (13/01/224).

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama Kakanwil Kemenag Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I. didampingi Rektor IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Syarif, S.Ag., MA. dan Forkompinda Ketapang.

Acara pembukaan Kegiatan Silaturahmi HAB ke-78 ini diawali dengan parade seluruh Kontingen dari 14 kabupaten/kota se Kalbar, Kanwil Kemenag Kalbar, IAIN Pontianak dan STAKAT Negeri Pontianak yang diiringi dengan drum band MAN Ketapang. 

Selain itu, juga ditampilkan Drumband dari MTs.N, MIN dan RA Al-Ikhlas Ketapang. Kemudian disusul tarian kolosal dari 110 siswa siswi Nadrasah Aliyah Negeri di Ketapang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. berharap dengan kegiatan ini dapat terjalin silaturrahmi yang erat diantara keluarga besar Kemenag se-Kalimantan Barat sehingga bisa terwujud cita-cita dibentuknya Kementerian Agama untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dikatakan, kegiatan Silaturrahmi HAB ke-78 Kemenag se Kalbar diselenggarakan dari tanggal 12-17 Januari 2024, diikuti 17 Kontingen berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar, IAIN Pontianak, STAKATN Pontianak dan 14 kemenag kabupaten/kota se Kalbar.

"Pertandingan yang dilombakan pada kegiatan Silaturahmi adalah Tenis Lapangan, Bola Voli, Bulu Tangkis, Futsal, Paduan Suara, Senam dan MC," sebutnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang yang telah memfasilitasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan HAB Kemenag RI yang ke-78 tahun 2024.

“Sejak kemarin kami tiba disini semuanya telah teratur dengan baik, sampai dengan pelaksanaan acara ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia berharap kepada seluruh kontingen untuk bertanding dengan menjaga sportifitas dan kekeluargaan sehingga dapat terjalin kekompakan, hal ini sejalan dengan tema HAB ke 78 yaitu “Indonesia Hebat bersama Umat”.

“Dalam pelaksanaan lomba dan seni kita mengutamakan sportifitas, kita hadir disini bertandang, bertanding akan tetapi tetap bersanding,” ungkapnya.

Wakil Bupati berharap diumur yang 78 tahun ini Kemenag RI, khususnya Kemenag Kabupaten Ketapang terus berkarya dan memberikan sebuah inovasi serta terobosan-terobosan baru dalam melayani masyarakat.

“Saya berharap dengan momentum Hari Amal Bhakti ini, kementerian Agama dapat memberikan pelayanan yang baik dan prima untuk masyarakat serta bisa memberikan dampak positif bagi pembinaan keagamaan bagi masyarakat,” ujar Farhan.

Lebih lanjut, Ia berpesan kepada para kontingen yang akan bertanding untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu mengutamakan silaturahmi serta saling bertukar pemikiran untuk memajukan Kemenag.

“Momen ini tidak hanya sebatas bagaimana kita bertanding tetapi banyak momen yang bisa dimanfaatkan, seperti saling tukar pikiran informasi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dari masing-masing unit,” ucapnya.

Pembukaan Silaturahmi HAB ke-78 Kemenag RI Tahun 2024 Se-Kalimantan Barat ini selain dihadiri Wakil Bupati Ketapang dan Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, hadir juga jajaran pejabat Kanwil Kemenag Kalbar, dari unsur Forkompinda, kepala dinas SKPD terkait, ketua MUI, NU, Muhammadiyah, FKUB, pimpinan Bank, dan undangan lainnya. (*)

Lebih baru Lebih lama