KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Bimtek Layanan Bidang Urais, Adib: Pelayanan KUA Harus Dioptimalkan

Dr. H. Adib, M.Ag. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimas Islam Kemenag RI menyampaikan laporan kegiatan Bimtek Layanan Bidang Urais dan Pembinaan Syariah, Rabu (3/5/2023)

KUA Benua Kayong - Bagaimana nanti KUA memiliki update kompetensi, informasi dan wawasan terkait dengan pelayanan KUA. Dimana KUA harus dioptimalkan pelayanannya, seperti kemasjidan, penangan konflik, hisab rukyat dan pembinaan syariah.

Hal itu disampaikan Dr. H. Adib, M.Ag. Direktur Urais dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI pada acara pembukaan Bimbingan Teknis Layanan Bidang Urais dan Pembinaan Syariah bagi Penghulu dan Penyuluh KUA Revitalisasi ke!-IV, di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Rabu (3/5/2023).

"Empat poin pelayanan bersama Bimas Islam itu bisa lebih optimal di KUA yang masuk dalam program revitalisasi," ujar Adib dihadapan para peserta bintek yang berasal wilayah Kalimantan, NTB, NTT dan Bali,

Dikatakan beliau, tentu hari ini terkait dengan kedepan pihaknya akan menyiapkan SDM yang unggul di tingkat KUA, baik kepala KUA, penghulu maupun penyuluh, serta insan-insan KUA yang lain memiliki kendaraan bersama.

"Bahwa KUA adalah wajah kemenag, khususnya dalam pelayanan agama yang akan menjadi cermin kemenag secara keseluruhan," katanya.

Oleh karena itu menurut beliau, pertemuan yang singkat itu diharapkan mampu mengupdate, komitmen, kompetensi maupun wawasan para kepala KUA yang menjadi peserta. Sehingga diharapkan bisa menjadi agent of change (agen perubahan) dalam layanan KUA di tengah masyarakat.

"Lebih lagi kalau kita menghadapi tantangan di negeri kita saat ini khususnya dalam pelayanan keagamaan justru lebih kompleks. Kehadiran KUA dalam kegiatan ini menjadi sangat penting," pungkasnya.

Bimtek Layanan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 3 s.d 5 Mei 2023. Acara pembukaan dihadiri Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA. sekaligus membuka secara resmi kegiatan. (*).

Lebih baru Lebih lama