KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

700 Pelajar MAN Ketapang Ikuti Bimbingan Pranikah BRUS

Acara pembukaan Bimbingan Pranikah BRUS di Aula MAN 1 Ketapang, Rabu (7/6/2023)

KUA Benua Kayong - Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang adakan Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah (BRUS). Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 7-8 Juni 2023 di MAN 1 dan MAN 2 Ketapang.

Kegiatan Bimbingan Pranikah BRUS dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Pd. bertempat di Aula MAN 1 Ketapang, Rabu (7/6/2023). Hadir pada acara pembukaan Kasi Bimas Islam, Kepala MAN 1 Ketapang dan para fasilitator.

Kasi Bimas Islam Kemenag Ketapang Drs. Nasbun, M.Si. selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, peserta yang terdaftar untuk mengikuti Bimbingan Pranikah BRUS di Kabupaten Ketapang seluruhnya berjumlah 700 remaja usia sekolah.

Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong H. M. Syafi'ie Huddin, S.Ag. saat menjadi fasilitator pada kegiatan Bimbingan Pranikah BRUS di MAN 1 Ketapang
 

"Dari jumlah 700 remaja itu kita bagi di dua sekolah. Untuk di MAN 1 sebanyak 400 orang dan di MAN 2 sebanyak 300," kata Nasbun saat menyampaikan laporan pada acara pembukaan.

Menurut Nasbun secara teknis kegiatan tersebut akan dibagi dalam per kelas. Masing-masing fasilitator berjumlah 5 orang yang sudah bersertifikat nantinya akan menyampaikan materi di masing-masing kelas.

Lebih lanjut disampaikan Kasi Bimas, tujuan diadakan Bimbingan Pranikah BRUS antara lain adalah untuk mencegah pernikahan usia dini, mempersiapkan kehidupan keluarga bagi remaja sehingga perlu membekali remaja dengan pengetahuan dan keterampilan menjadi remaja yang sehat, berkarakter.

"Jadi intinya dari kegiatan bimbingan ini adalah dalam rangka membekali para remaja kita untuk tidak buru-buru berkeluarga, apalagi dengan usia yang masih dini. Kesehatan fsikis dan fisik harus betul-betul disiapkan sebelum berkeluarga," katanya.

Suasana diskusi pembahasan materi kelompok saat pembagian tugas sebelum dipresentasikan 

Sementara Kepala Kemenag Ketapang mengatakan bahwa dengan kemajuan era teknologi informasi yang terus berkembang menjadi tantangan. Hidup akan terus bersaing. Oleh karena itu perlu persiapan untuk bisa berkompetensi.

"Kalau pingin hidup sukses harus punya keterampilan. Jadilah anak yang berprestasi. Sebab ketika kalian berprestasi, untuk melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya akan sangat mudah. Jangan keburu berkeluarga, sukseskan dulu baru nikah," pintanya kepada pelajar MAN 1 Ketapang.

Turut serta sebagai Fasilitator dalam kegiatan Bimbingan Pranikah BRUS adalah Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong H. M. Syafi'ie Huddin, S.Ag. Empat orang lainnya adalah Kasi Bimas Islam, H. M. Zulkarnain, S.Ag., Agus Kurniawan, S.Sos.I. dan H. Arifinsyah, S.Sos.I. (*)

Lebih baru Lebih lama