KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Fasilitator Bimbingan Pranikah BRUS, Kepala KUA Benua Kayong Ingatkan Ini

Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong saat menyampaikan materi di MAN 2 Ketapang, Kamis (8/6/2023)

KUA Benua Kayong - Tampil sebagai fasilitator pada kegiatan Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah (BRUS) di MAN 2 Ketapang, Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong H. M. Syafi'ie Huddin, S.Ag. mengingatkan kepada para siswa-siswi untuk tidak cepat-cepat menikah setelah tamat dari madrasah.

"Selesai tamat dari madrasah ini, jangan keburu mau nikah. Raih dulu cita-cita kalian. Lanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi. Berkeluarga akan tiba pada waktunya setelah kalian siap lahir dan batin, bahkan setelah sukses," pinta Syafi'ie, Kamis (8/6/2023).

Pada Bimbingan Pranikah BRUS yang dilaksanakan oleh Seksi Bimas Islam Kemenag Ketapang ini, Syafi'ie juga mengingatkan para siswa untuk tidak terlibat kepada perbuatan yang melanggar hukum atau tindakan perbuatan kriminalitas.

Tindakan yang dimaksud adalah menghindari dan jangan terlibat narkoba, tawuran antar sekolah dan kecanduan media sosial. Tidak itu saja ia juga meminta kepada pelajar madrasah yang berbasis agama ini untuk tidak terlibat dalam pergaulan bebas dengan perilaku bebas seksual aktif.

"Pergaulan remaja yang tidak sehat tentu akan berdampak pada kehancuran masa depan kalian, yang tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga keluarga. Pertimbangan dalam mengambil keputusan dan konsekuensinya," kata Syafi'ie.

Suasana diskusi kelompok mengidentifikasi karakteristik keteladanan para Nabi, yang kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok di MAN 2 Ketapang 

Menjadi fasilitator pada Bimbingan Pranikah BRUS, Syafi'ie tidak hanya ditunjuk pada MAN 2 Ketapang, tetapi satu hari sebelumnya ia juga menyampaikan materi yang sama di MAN 1 Ketapang.

Pada kesempatan itu, kepada para siswa-siswi Syafi'ie menyampaikan materi Remaja Qeren Qur'ani (RQQ) dan Tampil Mengelola Diri. Pada materi RQQ mengajak para siswa-siswi untuk mngenal dan memahami konsep dan karakteristik RQQ.

Karakteristik RQQ ia contohkan kepada keteladanan para Nabi sebagaimana dikisahkan dalam Al-Qur'an seperti, Yahya, Isa, Ibrahim-Ismail, Yusuf, Musa dan Nabi Muhammad. Juga dari seorang manusia yang sholeh yang namanya diabadikan di Al-Qur'an Luqman al-Hakim.

Bimbingan Pranikah BRUS di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Drs. H. Syarifendi, M.Pd. berlangsung dari tanggal 7-8 Juni 2023 di MAN 1 dan MAN 2 Ketapang dengan jumlah peserta 700 pelajar. Peserta MAN 1 berjumlah 400 siswa-siswi dan MAN 2 berjumlah 300 siswa-siswi.

Secara teknis, agar pelaksanaan pelaksanaan bimbingan berjalan efektif, para siswa-siswi dibagi perkelas. Tampil sebagai fasilitator selain Syafi'ie, juga Drs. Nasbun, M.Pd.I., H. Arifinsyah, S.Sos.I., H. Muhammad Zulkarnain, S.Ag. dan Agus Kurniawan, S.Sos.I. (*).

Lebih baru Lebih lama