KUA Benua Kayong
KUA Benua Kayong

Dirikan Masjid Baru, Kepala KUA Benua Kayong Tentukan Arah Kiblat

Kepala KUA Benua Kayong bersama Kasi Bimas Islam Kemenag Ketapang, Penyuluh dan Pengasuh PP Al-Ittihad 

KUA Benua Kayong - Kepala KUA Kecamatan Benua Kayong M. Syafi'ie Huddin mendampingi Kasi Bimas Islam Kemenag Ketapang melaksanakan pengukuran penentuan arah kiblat pendirian bangunan masjid baru di Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Selasa (27/6/2022).

Masjid yang menurut rencana akan dibangun itu posisinya tidak jauh dari Pondok Pesantren Al-Ittihad Sindur. Arah jalan Sunan Kalijaga, Desa Mekar Sari, Benua Kayong. Pengukuran dimulai pukul 15.00 hingga setengah jam kemudian.

Selain dihadiri Kasi Bimas Islam Kemenag Drs. Nasbun, M.Pd.I. dan Pelaksana Bimas, hadir pada pengukuran itu Pengasuh PP Al-Ittihad Kyai Agus Alamuddin Jazuli berserta warga setempat, yang turut serta membantu jalannya penentuan arah kiblat.

Kyai Alamuddin mengatakan, pendirian pembangunan masjid baru itu dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan, antara lain masjid lama berada dilahan yang sempit dan sangat mepet ditepian jalan, sehingga tidak mungkin lagi untuk diadakan perluasan bangunan, disamping tidak adanya lahan lagi untuk halaman parkir.

"Masjid lama tetap kita fungsikan, hanya saja karena berada di kompleks pondok, maka nantinya akan kita gunakan untuk santri. Rencana kedepan kita akan pagar ditepian jalan itu, hingga masjid itu tidak lagi digunakan untuk umum. Karena untuk masyarakat nantinya kita arahkan ke masjid yang baru ini," katanya. (*)

Lebih baru Lebih lama